Thursday, March 8, 2012

Green Wall Untuk Interior Rumah Anda

Green wall adalah struktur vertikal yang ditumbuhi oleh tanaman hidup pada sisi luar bangunan maupun pada interior. Pada sisi luar bangunan dan menempel langsung pada struktur biasa disebut green fasade.





Berikut beberapa keuntungan dari green wall, yaitu:

1. Manfaat utama green wall adalah untuk mengurangi suhu permukaan dinding sekitar 7 – 10 derajad Celcius, sehingga dapat mengurangi pemakaian Air Conditioning, dan memperkecil konsumsi energi listrik.

2. Sebuah penelitian di A&M University di Texas, Amerika Serikat, membuktikan bahwa aplikasi greenwall pada suatu kantor mampu meningkatkan semangat dan kinerja bagi pekerja / pegawai.

3. Green wall memunculkan rasa kedekatan secara fisik dan spiritual dengan alam serta relaks.

4. Sebagai salah satu penunjang kesehatan, karena dapat menyerap zat-zat racun di udara dimana proses fotosintesa tumbuhan dapat menyerap carbon dioxida dan menghasilkan lebih banyak oksigen.

5. Sebagai sarana edukasi, agar orang semakin peduli dengan lingkungan, ekologi, global warming, dan pengurangan CO2.

6. Seiring dengan trend Go Green, maka green wall adalah salah satu strategi untuk menaikkan nilai properti anda.

Dalam merencanakan green wall pada rumah anda, ada beberapa langkah yang diperlukan, yaitu:

1. Konsultasi dan Perancangan

Anda bisa meminta bantuan desainer interior dan melihat lokasi mana yang sebaiknya dipilih untuk area green wall. Anda bisa berdiskusi mengenai gaya tampilan, jumlah kebutuhan pencahayaan alami dan kelembaban, ekspos terhadap angin, hujan, dan sebagainya. Karena tujuan utama dari green wall adalah memunculkan area yang ‘hidup’ dengan seni maka langkah berikutnya yang utama adalah memutuskan jenis tanaman apa yang dipakai, karena ada banyak sekali bahkan ratusan spesies tanaman berdasarkan krakteristik warna, tekstur, pola, dan ukuran.


2. Pemasangan

Yang pertama dilakukan adalah pembuatan system pengairan / irigasi otomatis yang men-supply air dan zat yang diperlukan. Untuk green wall pada interior, perlu pemasangan lampu hemat energi namun dengan output tingi yang menyinari dinding , teduh di mata, dan pencahayaan yang tepat akan memunculkan ‘masterpiece’ pada greenwall. Setelah sistem pengairan dan pencahayaan selesai, barulah memasang tanaman.

No comments:

Post a Comment